Trend Teknologi Pemograman pada Masa Kini

29 Jul

Assalamualaikum teman teman, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menulis kembali, kali ini saya akan sedikit membahas trend teknologi pemograman pada masa kini, seperti yang kalian tau, dunia IT apalagi khususnya dunia teknologi pemogrman mengalami perkembangan yang sangat pesat, mulai dari pemograman desktop, mobile maupun web.

Pada jaman ini ada banyak hal yang berubah dalam dunia IT termasuk teknologi bagi para programer dan ada peralihan teknologi serta platfrom yang sangat cepat.

Tahun ini ada beberapa  teknologi yang sangat menarik untuk dipelajari  diantaranya adalah sebagai berikut:

1.       Android Programming

2.       PHP Modern Programing

3.       HTML5 Platform

Pasti kalian sudah tahu dan pernah mendengar daftar teknologi yang saya sebutkan, yup daftar teknologi di atas itu adalah merupakan teknologi-teknologi yang sedang  popular pada masa ini, kenapa teknologi tersebut popular, oke saya akan bahas secara singkat teknologi tersebut, berdasarkan yang saya tahu dan yang saya pahami hehe

1.       Android

Seperti yang kita Tau,OS Android merupakan OS yang masih popular sampai saat ini, karena flexibelitas dan embel-embel open source OS tersebut menjadi primadona bagi masyarakat ataupun developer dari semua kalangan. Nah dalam sisi pemograman android juga sangat di gemari oleh para developer, secara basic pemograman android menggunakan bahasa pemograman JAVA, cuman saat ini banyak teknologi pemograman android yang muncul seperti PhoneGap dll.

Semakin populernya Android membuat semakin banyak orang pula ingin mempelajari bagaimana cara membuat aplikasi pada Android.

2.       PHP

PHP merupakan bahasa pemograman web yang sangat popular, sudah banyak buku-buku maupun website yang mengajarkan tentang PHP yang polanya hampir sama yaitu koding dengan gaya struktural dan menggunakan fungsi klasik mysql  seperti (mysql_query($sql) or die(gagal!).

Sebenarnya pola pemrograman yang sudah sangat kedaularsa ini sudah seharusnya di upgrade. Kalian tidak perlu harus belajar Framework dengan segudang fitur. kalian minimal harus mempelajari PDO (PHP Data Object ) sebagai ganti fungsi klasik mysql_query() dan mengupgrade gaya pemrogramannya ke Object Oriented Programming.

Bagi pemula PHP, PDO adalah teknik pemrograman database Universal. saat anda berganti database anda cukup mengganti 1 baris kode  dibagian koneksi Database .  OOP tidak kalah penting,  anda akan mudah masuk ke Framework PHP manapun dengan teknik ini. Tapi jika anda dari Programer struktural tiba tiba ke Laravel atau Yii saya yakin anda akan terseok seok. Ok lah untuk CRUD anda bisa 5 menit dengan Framework, namun saat anda ketemu project real dengan Logic bisnis berbeda, baru terasa bahwa memakai framework tanpa memahami OOP itu sama saja anda  berlari di lorong gelap penuh dengan paku dan duri, anda bisa sampai di ujung lorong (proyek anda selesai) tapi anda sampai disana dengan berdarah darah.

                Pemogrman PHP ini populer karena terkenal atas flexibelitasnya ketika di develop oleh developer sehingga mengasah developer untuk dapat berkreasi dengan menggunakan bahasa pemogrman ini.

3.       HTML5 Platform

HTML5 merupakan hasil proyek dari   W3C (World Wide Web Consortium) dan WHATWG (Web Hypertext Application Technology Working Group). WHATWG bekerja dengan bentuk situs dan aplikasi, sedangkan W3C merupakan pengembang dari XHTM L 2.0 pada tahun 2006, kemudian mereka memutuskan untuk bekerja sama dan membentuk versi baru dari HTML.

HTML5 adalah sebuah bahasa markah untuk menstrukturkan dan menampilkan isi dari World Wide Web, sebuah teknologi inti dari Internet. HTML5 adalah revisi kelima dari HTML dan hingga bulan Juni 2011 masih dalam pengembangan.

Meskipun HTML5 telah dikenal luas oleh para pengembang web sejak lama, HTML5 baru mencuat pada April 2010 setelah CEO Apple Inc., Steve Jobs, mengatakan bahwa dengan pengembangan HTML5, "Adobe Flash sudah tidak dibutuhkan lagi untuk menyaksikan video atau menyaksikan konten apapun di web".

Tujuan dibuatnya HTML5 antara lain :

a.       Fitur baru harus didasarkan pada HTML, CSS, DOM , dan JavaScript.

b.      Mengurangi kebutuhan untuk plugin eksternal (seperti Flash).

c.       Penanganan kesalahan yang lebih baik.

d.      Lebih banyak markup untuk menggantikan scripting.

e.      HTML5 merupakan perangkat mandiri. 

Dukungan browser yang support HTML5 :

a.       Chrome

b.      Safari Apple v.4+

c.       Internet Explorer 9

d.      Opera

e.      Maxthon

f.        Firefox 4, 5, 6 dan seterusnya

Fitur baru dalam HTML5 :

a.       Unsur kanvas untuk menggambar.

b.      Video dan elemen audio untuk media pemutaran.

c.       Dukungan yang lebih baik untuk penyimpanan secara offline.

d.      Elemen konten yang lebih spesifik, seperti artikel, footer, header, navigation, section.

e.      Bentuk kontrol form seperti kalender, tanggal, waktu, e-mail, URL, search.

Copyright © 2016. Jenderal Corp.